Kursus GIS/SIG di Malang (Analisis Spasial)

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Pengetahuan mengenai bagaimana mengumpulkan data, memasukan dan mengeluarkan data serta bagaimana menggunakannya merupakan kunci analisis di dalam SIG. Kemampuan analisis berdasarkan aspek spasial yang dapat dilakukan oleh SIG antara lain :

1. Klasifikasi

Klasifikasi adalah aktivitas dalam mengelompokkan data keruangan (spatial) menjadi data keruangan (spatial) yang berarti. Contoh pengaplikasian aplikasi GIS yaitu mengklasifikasikan tata-guna lahan permukiman, pertanian, perkebunan atau hutan berdasarkan analisis data kemiringan (lereng) atau data ketinggian (peta topografi). Hasilnya yang diperoleh berupa peta tata-guna lahan.

2. Overlay

Berfungsi untuk menganalisis dan mengintegrasikan dua atau lebih data keruangan yang berbeda. Contohnya adalah menganalisis daerah rawan erosi dengan meng-overlaykan (tumpang susunkan) data ketinggian, jenis tanah dan kadar air, sehingga gambar yang diperoleh mampu memberikan informasi yang lebih komprehensif.

3. Networking

Berfungsi untuk melakukan analisis yang bertitik tolak pada jaringan yang terdiri dari garis-garis dan titik-titik yang saling terhubung. Analisis ini sering dipakai dalam berbagai bidang. misaInya, sistem jaringan telepon kabel listrik, pipa minyak atau gas, pipa air minum atau saluran pembuangan.

4. Buffering

Adalah analisis yang akan menghasilkan buffer/penyangga yang bisa berbentuk lingkaran atau poligon yang melingkupi suatu objek sebagai pusatnya, sehingga kita bisa mengetahui berapa parameter objek dan luas wilayahnya. Buffering misalnya dapat digunakan untuk menentukan jalur hijau di perkotaan, menggambarkan Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) yang dimiliki suatu negara, mengetahui luas daerah yang mengalami tumpahan minyak di Laut, atau untuk menentukan lokasi pasar, toko atau outlet dengan memperhatikan lokasi konsumen termasuk memperhatikan lokasi toko atau outlet yang dianggap pesaing.

5. Tiga Dimensi

Analisis 3D sering digunakan untuk memudahkan pemahaman, karena data divisualisasikan dalam bentuk tiga dimensi. Misainya digunakan untuk menganalisis daerah yang akan terkena aliran lava jika gunung-api diprediksi akan meletus

Kursus/Pelatihan GIS di Malang

Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiahpengelolaan sumber dayaperencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

Kursus GIS/SIG di Malang

Kursus GIs/SIG di kota Malang. Kami adalah lembaga pendidikan dan pelatihan komputer teknik di Kota Malang. Memberikan bimbingan untuk anda yang ingin mempelajari aplikasi teknik sipil, teknik arsitek, teknik mesin, teknik pengairan, planologi, geografi, dll.

Modul Pembelajaran GIS / SIG

Dapatkan modul dan pembelajaran GIS di tempat kami. Satu-satunya, dan paling lengkap. Lokasi dekat kampus UB, UIN, ITN, UNMER, UNITRI, UNISMA, POLINEMA. Mudah di jangkau oleh moda transportasi apapun. Kami juga menyediakan pelatihan aplikasi sipil lainya, sangat cocok untuk anda yang sedang mencari kursus GIS di Malang. Kursus SIG di Malang, Pelatihan Komputer di Malang, dan Training Komputer di Malang. Program lainya adalah Kursus SAP 2000 di Malang, Kurssigus STAAD PRO di Malang, Kursus Etabs di Malang, Pelatihan SAP 2000, Training SAP 2000,  kursus SAP 2000 Malang, kursus STAAD PRO malang, kursus STAAD PRO di Kota malang, kursus tekla struktur malang, kursus Revit Structure malang, kursus Ms. Project dan RAB di kota Malang, dll.

Alamat Tempat Kursus GIS / SIG di Malang

Kantor Pusat : Jl. Gajayana No. 539 Malang / No Telp. 0341-577025 / Hp. 081945122221 / WhatsApp Klik Disini / email. kontak.gls@gmail.com

2 thoughts on “Kursus GIS/SIG di Malang (Analisis Spasial)”

    1. Selamat Pagi.
      Selamat datang di GLS-Academy, Lembaga Pelatihan, Kursus dan Training Paling Lengkap di Kota Malang.
      Saat ini tempat kursus kami kembali beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
      seperti anjuran pemerintah terkait pencegahan penularan COVID-19.

      Kami melayani beberapa skema pelatihan :
      1. Daring (online)
      2. Luring (Offline)
      3. Blended (Gabungan Online dan Offline)

      Untuk informasi lebih lengkap, dan mendapatkan pelayanan cepat
      anda bisa menghubungi admin kami.

      Whatsapp (082190007386)
      Terimakasih Telah Menghubungi Kami.

      Salam Hangat
      GLS Manajemen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
GLS Official
Hallo, ada yang bisa kami bantu? Silahkan lanjutkan ke chat untuk memperoleh layanan informasi lebih lengkap.